Rekomendasi Novel Tere Liye yang Wajib Kamu Baca !!!

Tere Liye Hujan

Tentang persahabatan, tentang cinta, tentang perpisahan, tentang melupakan, tentang hujan.

Entah apa yang saya pikirkan, tiba-tiba ada keinginan untuk menulis tentang novel Tere Liye yang saya baca 2 tahun belakangan ini dan ingin kalian merasakan betapa mengesankan karya-karyanya.

Oke jadi yang belum tau, Tere Liye adalah seorang penulis novel yang karyanya cukup terkenal, beberapa buku karyanya sudah diangkat menjadi film layar lebar, diantaranya Hafalan Surat Delisa, Moga Bunda disayang Allah dan Bidadari-bidadari Surga.

Kalau dibilang, minat baca saya tidak terlalu tinggi, kadang buku yang saya beli, saya tinggal begitu saja karena bosan dengan alur cerita yang ada, sampai ketika saya mengenal buku karya Tere Liye dan hasilnya wow berbagai ekspresi keluar dari diri saya.

Ada yang bikin saya nangis-nangis, ada yang bikin saya teringat sampai berhari-hari, dan ada yang bikin saya penasaran setengah mati karna bukunya bersambung di seri selanjutnya, oke langsung aja ya, berikut ini adalah buku Tere Liye yang saya sangat rekomendasikan untuk dibaca.

1.Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Tere Liye
Tere Liye – Rembulan Tenggelam Di Wajahmu

Kalo kalian penasaran buku apa yang bikin saya nangis-nangis? inilah bukunya, sebenarnya ini relatif ya, gak menjamin kalian akan menangis jika membacanya, tapi yang jelas buku ini sedih.

Buku ini bercerita tentang seseorang yang sedang sekarat dan terbaring lemah dirumah sakit. Selama terbaling lemah, orang ini bermimpi tentang perjalanan hidupnya. Ia selalu menganggap hidupnya tidak bahagia dan tuhan tidak pernah adil padanya, didalam mimpilah ini ia memperoleh jawaban dari pertanyaan-pertanyaan hidupnya selama ini.

Kesimpulannya, semua kejaidan ada hikmahnya, nah didalam buku ini dijelaskan apa hikmah dari kejadian yang menurutnya tidak adil itu, bagaimana cerita dibalik kejadian itu.

Intinya dalam setiap kesempatan mungkin kita sering mendengar kalimat bijak “bahwa jalan yang dipilihkan tuhan selalu yang terbaik” nah dibuku ini menjelaskan hal tersebut memanglah nyata. setiap keputusan, pilihan, kejadian dan musibah yang kita alami adalah sebuah takdir tuhan yang selalu ada hikmahnya. mungkin karena saat membaca buku ini saya mengingat-ingat masa lalu saya ya,  jadinya merasa baper dan akhirnya nagis-nangis wkwkwk.

2.Serial Bumi

Tere Liye Serial Bumi
Tere Liye Serial Bumi

Buku kedua adalah serial Bumi, buku ini memiliki kisah bersambung total buku ada 6 yaitu Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Komet, Ceros dan Batozar, Komet Minor. Buku pertamanya yang terbit yaitu Bumi pada tahun 2014 dan cerita terakhir yaitu Komet Minor pada tahun 2019.

Serial ini bercerita tentang Raib, Seli dan Ali, mereka adalah sahabat yang mempunyai kekuatan super, mereka berpetualang di dimensi/dunia lain mencegah tokoh jahat yang mempunyai ambisi menguasai dunia, Awal ketika saya membaca sinopisnya, saya langsung underestimate terhadap buku ini, ceritanya terlalu khayal dan mirip kisah doraemon ya kan? bertualang, menemukan tokoh jahat dan akhirnya menang, kisah klasik banget dan saya kurang suka genre ini.

Tapi ketika saya mulai membaca, buku ini luar biasa, memang benar pepatah jangan melihat buku hanya dari covernya. Buku ini dikemas dengan bahasa ringan sehingga pembaca bisa ikut merasakan ketegangan yang ditulis, bahkan saya bisa menghabiskan waktu seharian sampai lupa waktu demi menyelesaikan buku ini. Pembaca akan diajak sedih,senang, susah, tegang, terkejut dan diajak berfikir karena banyak kejutan-kejutan yang tak terduga.

3. Hujan

Tere Liye Hujan
Tere Liye Hujan

Buku ketiga yang saya rekomendasikan adalah hujan, terbit sekitar tahun 2016, buku ini futuristik, bercerita tentang keadaan dimasa depan dan kemajuan teknologi, alur ceritanya mengalir dengan baik tidak lupa diselipkan unsur romansa.

Romansa yang dihadirkan cukup baik dan ringan bukan yang berlebihan, lebih kepada mencintai dalam diam. Ceritanya sih tidak terlalu mengejutkan ya, mungkin beberapa orang bisa menebak ending atau kejadian apa yang selanjutnya akan terjadi, tetapi yang saya suka buku ini tidak terlalu tebal tapi sudah menceritakan banyak hal, seperti kata-kata yang terdapat pada cover belakang yaitu:

tentang persahabatan, tentang cinta, tentang perpisahan, tentang melupakan, tentang hujan.

Benar, buku itu menceritakan itu semua, ada kejadian unik pada saat saya membaca buku ini, jadi didalam buku ini ada bagian yang menceritakan peradaban manusia yang terkena bencana gempa bumi, kemudian mereka kembali membangun setelah gempa selesai, kondisi gempa dideskripsikan cukup detail sehingga saya bisa membayangkannya.

Nah ketika saya membaca buku ini, kota Jakarta terkena dampak dari guncangan gempa banten yang terjadi pada 23 Januari 2018. hanya sebatas dampak, tapi membuat kami yang bekerja di gedung 20 lantai panik. Atas kejadian tersebut saya jadi lebih memahami dan merasakan isi cerita. unik ya.

Buku ini saya rekomendasikan bagi pembaca pemula novel Tere Liye, karena singat padat dan jelas, cocok untuk yang malas membaca buku yang tebal-tebal.

4. Tentang Kamu

Tere Liye Tentang Kamu
Tere Liye Tentang Kamu

Buku keempat adalah Tentang Kamu. Buku ini bercerita tentang seorang wanita kaya raya yang bernama Sri Ningsih, dia meninggal di luar negeri sebatang kara tanpa ada kerabat saudara yang mendampinginya.

Kepergiannya menyisakan teka-teki berupa pencarian ahli waris yang berhak atas harta-hartanya. Ia meninggalkan harta kekayaan yang sangat fantastis dan sangat disayangkan apabila harta tersebut jatuh ketangan yang salah.

Sebuah firma hukum berusaha memecahkan teka-teki mencari mencari siapa ahli waris yang berhak atas kekayaan Sri Ningsih, alur cerita bergerak mundur, firma hukum memecahkan teka-teki satu persatu dari mengurai cerita Sri Ningsih dari ia kecil sampai ia meninggal, senang, sedih dan mengharukan tergambar dari cerita-cerita masa lalu dari tokoh tersebut.

Cerita buku ini sangat menarik, penuh teka-teki dan membuat pembaca terbawa suasana, sedikit seperti sinetron dan mendramatisir memang, tapi menurut saya buku ini layak dan pantas untuk dibaca.

5. Amelia, Pukat, Burlian,Eliana

Selanjutnya buku yang saya rekomendasikan adalah cerita serial anak-anak mamak, yaitu Amelia, Pukat, Burlian dan Eliana. Mamak yang ku sebut Bernama Nurmas dan Suaminya bernama Syahdan, nama diatas adalah putra putri mereka yang dikisahkan dalam buku-buku tersendiri.

Buku ini sangat menarik,  bercerita dari sudut pandang masing-masing anak, dari  sudut pandang anak bungsu hingga anak sulung, buku ini tidak bersambung seperti serial bumi, jadi kalian bebas memilih buku apa yang akan kalian mulai baca, kebetulan saya memulai dari kisah Amelia terlebih dahulu.

Buku ini menceritakan kondisi di sumatera dan segala keterbatasan yang mereka hadapi, buku ini mempunyai penyelesaian masalah sesuai dengan karakter anak masing-masing. Setiap anak itu unik  itulah yang coba ditonjolkan oleh penulis, tidak ada satu anak yang paling diunggulkan dalam keluarga karena mereka punya potensi yang berbeda.

Nah itulah beberapa buku Tere Liye yang sudah saya baca, sampai saat ini saya masih mencari buku apa lagi yang harus saya baca, kabar baiknya Tere Liye memang akan terus menerbitkan buku baru, jika kita membaca buku-bukunya sampai akhir, dia selalu menyebutkan nantikan kisah selanjutnya dari ….., atau selanjutnya akan terbit cerita…..

Saya tidak sabar akan membaca cerita-cerita selanjutnya, kalau kalian suka buku Tere Liye yang mana?

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s