7 Hal Seru Rona Nusantara 16, Yuk Sharing Plus Traveling !

Rona Nusantara 16

Assalamulaikum Wr.Wb

Hallo teman-teman , apa kabarnya semua? semoga dalam keadaan sehat semua ya, kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya dalam mengikuti acara Rona Nusantara angkatan 16.

Sebelum kepokok cerita, perlu diketahui Rona Nusantara adalah program dari  lembaga non pemerintah yaitu Rumah Zakat yang membuka kesempatan dari relawan umum untuk turut berkontribusi dalam hal menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di suatu daerah.

Mempunyai tagline khas yaitu Sharing and Traveling, Rona Nusantara mengajak para relawan untuk berbagi menebar manfaat (sharing), kemudian dilanjutkan dengan bertafakur mengagumi potensi wisata yang terdapat di lokasi yang kita kunjungi (traveling). 

Rona Nusantara sudah dilaksanakan beberapa kali tersebar di seluruh Indonesia, Singkat cerita saya berkesempatan mengikuti Rona Nusantara angkatan yang ke -16. Cara mendaftarnya hanya mengisi gform yang telah disediakan pada saat open recruitment, saya sarankan kalian harus mengisi formulir tersebut dengan dengan sebaik mungkin ya, karena apa yang kita tulis jadi bahan pertimbanga pengumuman lolos atau tidaknya. 

Okey lanjut ke cerita, kegiatan sharing dilaksanakan di Desa Mekarmanik, Kec. Bojongmanik, Kab. Lebak, Banten dan kegiatan traveling kami mengunjungi kampung wisata baduy luar, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Desa Mekarmanik, berikut ini 7 aktivitas seru utama Rona Nusantara Angkatan 16.

1. Kelas Kreativitas dan Bermain.

Pukul 7.00 WIB kami bersiap-siap menuju SDN 01 Mekarmanik, kegiatan pertama dilakukan di dalam kelas, kami belajar terkait hal-hal dasar seperti cita-cita, profesi dan menjaga kebersihan, selama penjelasan saya menyelipkan beberapa ice breaking agar adik-adik tetap fokus menerima materi.

Kegiatan kedua, kami mengajak adik-adik menuju kelapangan untuk bermain, para panitia mengkondisikan suasana meriah seperti lomba Agustusan, teriknya panas matahari tidak membuat adik-adik patah semangat mengikuti serangkaian lomba seperti estafet tepung, pukul balon dan lain sebagainya, kakak kakak juga sangat antusia

2. Siaga Sehat

Setelah selesai kegiatan di sekolah, kami bersiap melaksanakan Siaga Sehat, Siaga Sehat merupakan layanan kesehatan cuma-cuma yang diberikan kepada warga Desa Mekarmanik. Warga desa mendapat layanan berupa cek tekanan darah, pemeriksaan dokter, serta pemberian obat. Para relawan yang memiliki latar belakang kelilmuan  di bidang kesehatan turut terlibat dalam pemberian layanan tersebut.

Relawan yang tidak memiliki latar belakang bidang kesehatan, terlibat dalam hal teknis seperti pengadministrasian nomor antrian, menjaga alur pemeriksaan juga mengukur berat dan tinggi badan yang digunakan sebagai data awal pemeriksaan. 

3. Renovasi Taman Baca

Saat sebagian orang melaksanakan Siaga Sehat, sebagian relawan merenovasi taman baca. Perlu diketahui, bahwa Desa Mekarmanik mempunyai taman baca yang berada di tengah desa, setiap ba’da zuhur pada akhir pekan, adik-adik berkumpul untuk sekadar membahas PR dan membaca koleksi buku yang ada.

Minat baca adik-adik sangat tinggi, namun kondisi taman yang baca sekarang kotor dan tidak terawat, kami peserta relawan terjun langsung untuk merenovasi dan membersihkan taman baca dengan peralatan yang telah disediakan panitia.

4. Ekspedisi Superqurban

Superqurban merupakan program penyaluran daging qurban yang telah dikemas dan diolah dalam bentuk kornet kaleng, dalam hal ini Rumah Zakat berkomitmen agar pendistribusian daging qurban bisa menjangkau seluruh plosok Indonesia, demi mendukung program tersebut Rona Nusantara menjadi wadah pendistribusiannya.

Para peserta relawan dibagi beberapa titik kemudian menyebar berkeliling untuk membagikan kornet kepada warga Desa Mekarmanik.

5. Bercocok Tanam

Desa mekarmanik memiliki visi menjadi desa agrowisata, desa ini memiliki lahan produktif sekitar 900 Hektare dengan jenis kebun cocok.  Artinya dalam satu lahan bisa ditanami berbagai jenis tanaman, disini lahanya sangat subur, sehingga disepanjang jalan sering dijumpai pohon-pohon yang masih pendek tapi sudah berbuah lebat, kami para peserta diajak untuk berkebun dan menaman beberapa jenis buah untuk mengisi lahan kosong di Desa Mekarmanik.

6. Bioskop Desa

Setelah beraktifitas seharian, acara selanjutnya adalah bioskop desa. Kami berkumpul di kantor lurah mempersiapkan perlalatan seperti proyektor, soud system dan lain-lain. Adik-adik Desa mekarmanik maju menampilkan penampilan spesialnya, seperti menari dan memainkan seni peran. Disela-sela penampilan, ada doorprize untuk adik-adik maupun orang tua yang mengantar, kemudian dilanjutkan menonton film animasi suritauladan Nabi yang membuat atmosfer kebersamaan terasa begitu hangat.

7. Traveling Baduy Luar

Kesesokan harinya, kami mulai mengemasi barang dan berpamitan, selesai sudah rangkaian aksi solsial di Desa Mekarmanik. Acara selanjutnya adalah sesi traveling yang akan dilaksanakan di Kampung Wisata Baduy Luar. 

Memasuki kawasan desa wisata, sangat terasa suasana damai yang kental akan ciri khas tradisionalnya, kami beriringan menuju jembatan bambu yang terdapat di tengah-tengah desa, suasananya sejuk, airnya jernih, disepanjang perjalanan kami melihat ibu-ibu sibuk menenun dan anak-anak bermain riang yang membuat saya rindu akan kampung halaman.

Rona Nusantara meberikan saya kesan tersendiri, kesederhanaan, keceriaan dan kebersamaan, mesikipun baru kenal dalam sehari, kekompakan kami kokoh terbangun, saya merekomendasikan Rona Nusantara bagi kalian yang senang traveling. 

Traveling sambil sharing yang luar biasa.

sized_img-20181214-wa0018

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s