Belanja Bareng Yatim, Bahagia mu Bahagia ku…

Hanya melihat kamu bahagia aku pun bahagia, apapun rela ku lakukan agar kau bahagia.

Sering kita mendengar kalimat ini sebagai lirik lagu, atau ungkapan gombal di film-film, apa reaksi kalian? kalo saya jujur dalam hati langsung ngedumel “apaan sih? bullshit benget” dan “et dah mana ada?” lama saya memegang prinsip ini tapi hanya bertahan sampai saya ikut acara Belanja Bareng Yatim (BBY), dengan tagline Bahagiamu, Bahagia Ku.

BBY merupakan acara (lagi-lagi) Dompet Dhuafa yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2018 yang merupakan salah satu rangkaian aksi kebaikan di bulan Ramadhan. Inti kegiatan ini adalah mendampingi adik-adik berbelanja kebutuhan pakaian.

Acara ini dilaksanakan di Matahari Blu Plaza Bekasi, sebenarnya aku tidak begitu “ngeh” dengan aksi ini ketika informasinya disebarkan digrup, karena biasanya chat berlalu begitu saja, tetapi untungnya kak Zee (salah satu panitia) meneruskan pesan tersebut, dan mengajak ku secara pribadi, dengan membayar uang donasi senilai Rp. 150.000, singkat cerita akhirnya aku memutuskan ikut.

Hari H

Pukul 7:00 WIB, aku berangkat dari kosan menuju lokasi, naik KRL kemudian turun di stasiun Bekasi lalu naik ojek online menuju Blu Plaza dengan membayar Rp 7.000. Tiba di lokasi, suasana masih cukup sepi, kami para relawan datang sebelum Mall dibuka, sambil menunggu bukanya mall, kami berkenalan satu sama lain dan dilanjutkan briefing teknis acara.

Kakak pendamping mendapat voucher belanja di Matahari senilai Rp. 250.000. dengan Voucher tersebut, kami membantu adik-adik membelanjakan barang yang dibutuhkannya, utamakan untuk membeli baju dan celana, jika ada sisanya, boleh dibelikan barang lain, seperti mainan dan sebagainya.

Selain voucher kami juga mendapatkan nomor, nomor ini adalah nomor adik yang kita dampingi, aku mendapat nomor 10 berarti aku akan mendampingi adik yang memakai nametag 10.

Waktu sudah menunjukkan pukul 10:00, adik-adik yatim mulai berdatangan, sebenarnya aku sedikit gugup, bagaimana jika adik merengek ingin dibelikan sesuatu yang lebih dari Rp. 250.000?? itu yang aku khawatirkan, kuharap aku bisa mengatasinya.

Setelah briefing selesai, kami langsung masuk menuju groud floor, sudah tampak panggung yang megah menyambut kami, kami tidak langsung menuju adik yang dampingi, kami berdiri mengelilingi selasar panggung dan menunggu arahan dari MC. Konsep acara ini bertemakan kerajaan, jadi adik-adik merupakan prajurit yang baru pulang dari medan perang dan menang bertempur, mereka kemudian diberikan hadiah dari sang raja, yaitu berbelanja apapun yang diinginkan ditemani oleh malaikat-malaikat baik, disini malaikat itu adalah kami para kakak pendamping.

Sebelum memulai acara inti, kami dihibur oleh Oik dia adalah Kontestan Idola Cilik yang seangkatan dengan Debo CS, kalu tidak salah dia juga masuk ke 5 besar, Setelah itu kami juga mendengarkan beberapa pembukaan dari Ketua panitia dan perwakilan dari pihak Blu Plaza.

dompet dhuafa

Setelah acara didepan panggung selesai, MC memberikan instruksi agar malaikat baik segera menghampiri prajurit, kami kakak pendamping langsung berhamburan mencari adik sesuai dengan nomornya, aku sedikit kesulitan mencari adik yang kudampingi. Setelah beberapa saat akhirnya aku menemui adik yang kudampingi, namanya Fikri, dia masih kelas 1 SD, dia cenderung pendiam, nametag nya sedikit tertutup sehingga aku kesulitan menemukannya, Sejak bertemu aku selalu menghiburnya dan mengajaknya bicara tapi ia cenderung pemalu sehingga ia jarang sekali menjawab, malah aku ditinggal tidur, sepertinya ia kelelahan sehingga ia tertidur di kursi depan panggung.

Selanjutnya setelah semua kakak berhasil menemukan adik, kami semua mendampingi menuju mushola untuk melaksanakan sholat zuhur, setelah selesai barulah perburuan baju dimulai, kami diberikan waktu kira-kira 2 jam untuk membeli baju, suasana Matahari Blu Plaza mendadak ramai, kakak dan adik berlalu lalang kesana kemari ditambah dengan pengunjung umum yang sibuk membeli baju lebaran.

Ternyata menjadi pendamping belanja baju tidak semudah yang dibayangkan, kakak-kakak harus memastikan bahwa barang yang kita beli merupakan hal yang ia suka dan bermanfaat untuknya. belum lagi ada adik yang merengek untuk lebih memilih beli mainan dari pada baju, kakak pendamping harus membujuk dan memberikan pengertian kepada adik.

Cerita Unik

Fikri terlihat seperti anak pendiam dan penurut pada saat pertemuan awal, saya pikir proses belanja ini akan mudah ternyata sedikit lebih sulit dari yang saya bayangkan, dia anak yang pemilih dan detail, dia ingin mencari baju koko warna putih, lengan panjang, dengan motif sama persis dengan baju yang sekarang ia kenakan, juga celana panjang berkancing sama peris dengan celana yang ia pakai sekarang. Sayangnya tidak banyak pilihan baju seusianya, sehingga sangat sulit untuk menemukan apa yang ia mau, sampai 3 mbak-mbak matahari sibuk membantuku tapi tidak berhasil.

2 jam sudah berlalu aku belum menemukan titik terang, fikri tetap bersikeras dengan kriteria pakaian yang ia inginkan, sampai akhirnya aku bicara baik-baik, bahwa yang ia mau tidak ada, dan berkata waktu kita akan segera habis, sambil menunjuk teman-teman yang lain sudah melakukan pembayaran di kasir. Dengan berat hati akhirnya ia mau dengan stok baju yang tersedia, untuk menghiburnya aku membelikan mobil Hot Weels dengan sisa uang yang tersedia, karena uang sisa boleh digunakan apapun setelah kebutuhan akan pakaian sudah terpenuhi.

Setelah selesai berbelanja, kami berkumpul sejenak untuk berdoa bersama dan membagikan snack kepada adik-adik, setelah itu kami semua menuju perkiran untuk mengantar adik-adik menuju bis pulang.

Epilog

Selama proses belanja sebenarnya Fikri bilang dia tidak mau beli baju, lebih memilih untuk membeli mobil remote bagus yang seharga Rp. 200.000 aku sempat galak memaksanya untuk beli baju, karena baju dan celana yang ia pakai sekarang ada bagian robek besar yang membuat ku sedikit sedih melihat kondisinya, Dulu saat seusianya mamah selalu memilihkan baju yang terbaik dan sangat mustahil jika aku pergi keluar dengan baju robek, Aku harap yang baju yang dibeli bisa bermanfaat untuknya.

Dompet Dhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s