Latsar CPNS Golongan II, Ongkek Josss!!

Hari ini aku ingin berbagi cerita mengenai pengalaman ku mengikuti pelatihan dasar (Latsar) CPNS golongan II periode II tahun 2018, yuk simak ceritanya. Latsar CPNS kemenkeu diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, Kebetulan  aku mengikuti latsar di Wisma Duta Wiyata yang terletak di Jl Pertanian  lebak bulus. Wisma ini cukup besar mampu menampung kapasitas 186 orang dengan baik.

Latsar CPNS dibagi menjadi dua tahap yaitu on campus dan off campus, kali ini aku akan bercerita on campus. Selama sebulan aku di asramakan (ini kampusnya) dan menerima materi Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik , Komitmen Mutu dan Anti Korupsi kelima materi ini biasanya disingkat (ANEKA), selain materi itu ada materi Manajemen ASN, Pelayanan  public dan Whole of Government, tidak hanya materi text book yang diberikan selama sebulan banyak games, dinamika kelompok dan Materi Bela Negara disetiap sesinya. Selama materi aku juga dituntut untuk menyusun rancangan aktualisasi yang akan kami presentasikan di akhir on campus.

Kami terbagi dalam 6 kelas, A sampai dengan F, kebetulan aku masuk di kelas D, materi disampaikan dengan sangat baik, kami juga dibiasakan hidup disiplin, mulai dari makan, kerapihan pakaian, kerapihan mess, mengawali hari dengan apel pagi, mengakhirinya dengan apel malam dan beragam kegiatan yang harus dilaksanakan dengan baris berbaris,  berikut ini adalah dari masing-masing kegiatannya.

  1. Senam Pagi

Mengawali hari pukul 4.00 kami melaksanakan solat subuh dan dilanjutkan senam, sebenarnya kurang tepat dibilang senam , lebih tepatnya adalah olahraga pagi, karena kami benar-benar menggerakan seluruh badan. Memulai dengan peregangan badan, jogging keliling komplek wisma dan dilanjutkan dengan gerakan tambahan seperti sit up, push up, sikap lilin, kayuh kayuh sepeda diudara gendong-gendongan dan masih banyak lagi. pelatih selalu menekankan jika sedang senam bagian menekuk kita tidak cuma menenuk biasa tapi di ongkek agar peredaran darah lancar. Capek? Iya tentu,  tapi aku sangat menikmati olahraga pagi karena hal ini benar-benar mustahil aku lakukan dalam kehidupan jika sudah balik ke kantor, Setelah olahraga selesai kami mengakhiri pagi dengan apel pagi.

Latsar CPNS
Sikap Lilin 180
  1. Makan

Waktunya makan merupakan hal yang selalu ditunggu setiap orang, tetapi ada hal yang mengganjal di hati kami,  bayangkan kalian memakan daging sapi, daging ayam, telur, buah utuh dan nasi dengan porsi banyak dalam waktu hanya 10 menit. Setiap jam makan membuat kami menghela nafas untuk memberikan penguatan terhadap diri sendiri. Dalam memulai makan ada adab tersendiri, kami mengawali  dan mengakhirinya dengan penghormatan juga doa bersama. Terkadang, suasana ruang makan menjadi gaduh karena kami mengobrol, pelatih mengatasinya dengan kami harus menggigit pisang, telur atau sendok untuk mengunci mulut kami yang terus bicara.

Latsar CPNS
Sumpal Mulut dengan telur
  1. Materi

Materi yang diberikan dalam diklat seperti yang aku jabarkan sebelumnya, materi  disampaikan di aula dan  ruang kelas, materi di yang disampaikan diaula biasanya mengundang  narasumber. Pada kesempatan periode II ini narasumber yang  dihadirkan adalah Ka Kanwil DJBC Jakarta, Mantan Sekretariat Jenderal Kemenkeu, Biro layanan Informasi Kemenkeu, BNN dan masih banyak lagi. Narasumber memaparkan materi sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.  Selanjutnya adalah materi dalam ruang kelas berlangsung pukul 8.00 s.d 19.45. Pemateri biasanya mengemas pembelajaran dengan baik, dengan presentasi, membuat poster di flipchart dan bermain agar kami tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Materi yang dipelajari akan diujikan dan berguna dalam penyusunan rancangan aktualisasi yang kami buat.

Latsar CPNS
Suasana Diskusi Dikelas
  1. Bela Negara

Banyak hal yang kami pelajari dalam bela negara, mulai dari tata cara baris berbaris, izin keluar masuk ruangan, izin menghadap, apel, periksa kerapihan, upacara, memulai makan, memulai menerima pelajaran dan masih banyak lagi. Semua materi bela Negara yang kami dapat diterapkan selama sebulan menjalani diklat. Selama sesi bela Negara yang paling aku sukai adalah upacara bendera, karena sudah lama aku tidak upacara, terakhir mungkin saat SMA.

Latsar CPNS
Upacara bendera
  1. Diingatkan bukan dihukum

Pelatih selalu berkata menghukum dan mengingatkan adalah dua hal yang berbeda, menghukum adalah tindakan yang hanya ada di meja hijau sedangkan mengingatkan bisa dimana saja dan ada unsur sayang didalamnya. Jika tidak sayang untuk apa mengingatkan? Lebih baik masa bodo. Pelatih biasanya mengingatkan disaat kami mulai melenceng atau melakukan kesalahan. Mengingatkan cara pelatih berujung pada tindakan fisik seperti push up, jalan jongkok, pompa bumi, merayap dan berguling. Inilah yang membedakan Latsar di WDW, kegiatan fisik kami cukup berat jika dibandingkan dengan lokasi latsar lainnya. Menurut aku, kami memang pantas mendapatkannya, karena pada awal diklat kami telah berjanji “Mematuhi semua peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis” dan setiap harinya ada saja yang melanggar termasuk aku. Membiasakan diri dengan peraturan memang cukup sulit, tapi hanya butuh penyesuaian di awal saja. tidak segan pelatih mengingatkan disaat kami sedang memakai baju batik atau baju rapih non lapangan, sehingga kami berguling menggunakan formal batik lengkap dengan sepatu pantoufelnya.

Latsar CPNS
Batik tempur ini udah dibuang
  1. yel-yel

Bagian ini favorit aku, selama masa diklat kami diberikan banyak yel-yel tentara yang menurut aku asik dan memiliki melodi yang menggugah semangat. yel-yel selalu kami nyanyikan disetiap aktivitas kami, saat lari pagi, saat moving, saat kami berkumpul dan sebagainya. Bahkan saking seringnya kami nyanyikan kami tidak sengaja menyanyikannya dalam hati atau sekadar bersenandung dengan nada rendah.

Latsar CPNS
Siapa yang suruh melawan kami
  1. Pertandingan Sepak Bola

Wisma Duta Wiyata bersebelahan dengan Wisma Pamentas yang diisi  oleh CPNS Kemenkeu yang melaksanakan Latsar. Setiap hari minggu kami selalu bertanding sepak bola baik putra maupun putri, pada kesempatan ini, jadi ajang kami beradu yel-yel untuk memberikan semangat bagi teman kami yang sedang bertanding.

Latsar CPNS
Pertandingan Sepak Bola
  1. Pesiar

Pesiar merupakan kesempatan yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang, pesiar dilaksanakan pada hari minggu dan kami bebas pergi kemana saja asalkan sudah kembali ke asrama sebelum apel sore yaitu 16.45, pelatih tarna selalu berkata untuk memanfaatkan pesiar untuk bertemu orang tercinta baik kerabat, orang tua atau siapapun. Aku adalah salahsatu pengguna setia pesiar , aku selalu memanfaatkannya untuk bertemu orang tua, rapat dengan teman-teman relawan atau sekedar beli makan diluar, Alhamdulillah selama empat kali pelaksanaan pesiar tidak ada yang dating terlambat kembali ke mess.

  1. Rancangan Pelaksanaan Aktualisasi (RPA) dan Seminar

RPA merupakan  tahapan yang kami buat untuk menyelesaikan permasalahan di kantor, tahapan tersebut harus kita hubungkan dengan nilai-nilai ANEKA. Setelah kami selesai membuatnya dan dikonsultasikan kepada pembimbing, kami harus mempresentasikannya didepan penguji menggunakan gambar di flipchat yang telah disediakan. Bobot RPA ini cukup besar yaitu 50% dari penilaian yang ada, jadi kami sangat serius dalam menggarap RPA.

 

  1. Inagurasi

Inagurasi merupakan prosesi saat kami telah dilepas untuk kembali ke kantor masing-masing, inagurasi berisi penampilan seni dari masing-masing kelas, menyampaikan kesan dan pesan juga sebagainya. Menurutku acara inagurasi yang dilakukan cukup memberikan kesan karena ada prosesi cium bendera dan mengucap sumpah untuk menjaga nama baik kementerian keuangan, susunan acara yang dibuat juga cukup baik juga dukungan seksi Dokumentasi yang superr keren sehingga menghasilkan video yang sangat dramatisir sehingga memberikan kesan mendalam buat kami.

Latsar CPNS
Foto Booth inagurasi

Beriringan meneriakan semangat kebersamaan.

Demi cita dan harapan

Kita belajar saling peduli,

Meningkatkan kompentensi, sehingga bekerja dengan penuh dedikasi.

Jangan lupakan aku kawan, jangan lupakan semua cerita dan kenangan.

Sampai jumpa lagi kawan…

Best Of Our Memories Latsar Angkatan 2

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s