Sharing and Fun Educating, Ayo Bahagia !

arsa
sebelum keberangkatan

Halo teman-teman semua apa kabar? Sehat semua kah? Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan melimpahkan rahmatnya kepada kita, hari ini saya mau berbagi pengalaman saya ikut acara Sharing and Fun Educating atau bisa disingkat SAF, acara ini diselenggarakan oleh komunitas Arsa. Yuk kita mulai share aja.

komunitas arsa
logo arsa

Komunitas Arsa merupakan, komunitas dibawah naungan CT ARSA Foundation yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. CT singkatan dari nama beliau dan Arsa diambil dari bahasa sangsekerta yang artinya bahagia, dengan tagline berbagi kebahagiaan, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas Arsa menitikberatkan  kebahagiaan kepada penerima manfaat dan relawan. Kegiatan yang saya ikuti adalah SAF. SAF merupakan kegiatan kerelawanan dibidang pendidikan, dengan memberikan edukasi mengenai cita-cita, nasionalisme dan menolong sesama. Setelah acara ini diharapkan adik-adik memperoleh semangat baru dan termotivasi untuk terus belajar, kali ini SAF diadakan Desa Sukamulya, Tegalwaru, Purwakarta.

Saya bersama kak Reza, kak Suci dan kak Ntin  diamanahkan untuk mendampingi  adik-adik kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Sukamulya  selama acara SAF berlangsung, MI Sukamulya terletak di bukit yang dikelilingi oleh tambang pasir, dentuman dinamit yang digunakan untuk meluruhkan bukit pasir dan suara bising aktivitas penambangan sudah jadi hal yang biasa bagi adik-adik disini. acara ini berlangsung selama dua hari satu malam, dengan rincian kegiatan sebagai berikut.

  1. Sharing

Pada sesi sharing, kakak pendamping  memperkenalkan latar belakang pendidikan dan pekerjaannya, setelah itu memberikan motivasi kepada adik-adik untuk mencapai cita-cita yang mereka inginkan. Selain memberikan motivasi, kami memberikan tips dan trik untuk menggapai cita-cita yang adik-adik inginkan. Sebagian besar  ingin menjadi TNI dan guru. Adik-adik disuruh menuliskan cita-cita di kertas yang kami sediakan,  serta menuliskan alasan kenapa mereka memilih cita-cita tersebut. Cita-cita yang mereka tulis kami sarankan untuk di tempel di rumah agar mereka selalu ingat akan cita-cita mereka. Kami juga memberikan semangat kepada adik-adik kelas 6 yang beberapa bulan lagi mengikuti ujian nasional.

  1. Fun Educating

Hari pertama,

kami memberikan edukasi tentang nasionalisme, kerjasama tim dan lain-lain kepada adik-adik, karena bertema  fun educating setiap sesinya kami kemas dengan permainan dan ice breaking. Pada sesi ini adik-adik menyusun puzzle pancasila, mereka berhasil menyelesaikan puzzle kurang dari satu menit, setelah selesai puzzle saya mengulas sedikit tentang jumlah bulu burung garuda dalam pancasila.

Setelah selesai kegiatan dalam kelas, adik-adik bersiap untuk acara edukasi berikutnya, acara selanjutnya dipandu oleh kakak-kakak dari Mojang jejaka (MOKA) purwakarta. Kelas 1, 2 dan 3 mereka belajar bagaimana memanfaatkan sampah agar di daur ulang menjadi  barang yang lebih berguna, sedangkan untuk kelas 4, 5 dan 6 mereka belajar bercocok tanam.

CT Arsa Fondation memiliki dua mobil edukasi yaitu mobil pintar dan mobil iqra, kehadiran dua mobil ini ikut memeriahkan acara SAF kali ini. Mobil pintar merupakan perpustakaan berjalan, adik-adik sangat senang membaca satu persatu buku yang ada di mobil pintar. Mobil Iqra berisi buku-buku islami dan terdapat TV yang memutar video kisah-kisah suritauladan nabi dan para sahabatnya.

Hari kedua

Adik-adik senam bersama, makan bubur kacang ijo dan diberikan edukasi bagaimana caranya mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar, dengan dipandu oleh kakak-kakak panitia Arsa, adik-adik mendapatkan sikat dan pasta gigi gratis sehingga mereka langsung mempraktikannya ditempat.

  1. Salat Berjamaah

Moment yang sangat indah bagi ku, melihat adik-adik dari TK hingga kelas 6 jalan beriringan kemasjid dan wudhu bersama. Tempat wudhu yang terbatas hanya memiliki 3 keran membuat antrian dan bercanda tidak bisa dihindari, tapi kakak-kakak bisa handle situasi dengan baik. kami mendampingi adik-adik untuk salat duha, zuhur, ashar hingga maghrib.

  1. Makan Berjamaah

Moment makan selalu ditunggu-tunggu, setiap meski makan dengan lauk seadanya, tetap terasa nikmat karena makan bareng dan moment kebersamaan yang terasa, selain itu ditemani sambel buatan warga sekitar yang selalu jadi rebutan tiap makan berlangsung. Alhamdulillah urusan konsumsi baik air minum dan makan berat, terpenuhi dengan baik sehingga, energi kami terisi cukup untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berikutnya.

arsa
makan berjamaah
  1. Makrab relawan

Selain acara yang ditujukan kepada adik-adik, kami para relawan punya kegiatan sendiri yang memberikan ruang bagi kami para relawan untuk saling mengenal satu sama lain, dengan diisi berbagai games suasana yang tadinya kaku mulai mencair satu sama-lain, kemudian di malam harinya kami bertukar kado minimal harga dua puluh ribu yang telah kami persiapkan  sebelum acara berlangsung.

  1. Apresiasi Seni

Adik-adik kami pandu untuk menampilkan kreasi dan bakatnya pada malam apresiasi, sebenarnya saya sudah sedikit buntu apa yang akan kami tampilkan, syukurlah teman-teman dari MOKA membantu saya dengan sangat baik. semua kelas maju satu persatu untuk tampil, tampak keceriaan, gugup diwajah adik-adik semua.

arsa
Apresiasi Seni
  1. Lomba 17an

Moment ini juga sangat ditunggu bagi adik dan para kakak relawan. Terdiri dari empat lomba yaitu, balap karung, memasukan paku ke botol, estafet air, estafet karet. Suasanya semakin tumpah ketika kakak-kakak relawan juga ikut lomba.

Arsa
Lomba 17an
  1. Edukasi bagi orang tua dan bazar baju gratis

Selain diperuntukan untuk anak-anak acara SAF juga mengajak orang tua juga berperan aktif untuk mendukung potensi yang dimiliki oleh anak. Orang tua diberikan edukasi bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan isu-isu seputar pendidikan kepada anak. Setelah diberikan edukasi,  orang tua diarahkan menuju tempat bazar baju gratis. Sebelum hari H kami para relawan sudah dihimbau untuk membawa baju layak yang diperuntukan untuk warga sekitar. Saya sangat karena orang tua sangat senang dan antusias diadakan acara SAF di desa mereka, sehingga acara ini dapat memberikan kebahagiaan bagi siswa-siswi MI Sukamulya dan orang tua murid.

kira-kira itulah serangkaian kegiatan dalam SAF 1, insyallah akan ada SAF berikutnya di desa-desa lain, yuk ikutan juga.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s